1. Mengawali Pemanduan
Pilihlah suatu tempat yang strategis, aman, menarik
dan mudah dikenal untuk memulai
pemanduan. Bila anda akan memulai suatu perjalanan
dengan bus, lakukan greeting
sebelum naik ke bus atau sebelum bus bergerak.
Yang harus dilakukan adalah :
Ø
Mengucapkan
salam dengan bahasa yang familiar
Ø
Perkenalkan
nama perusahaan, rekan kerja dan diri anda sendiri serta gunakan tanda khusus
untuk memudahkan pengenalan.
Ø
Cek
nama / amati wisatawan satu persatu dengan menyebut nama, atau persilakan
mereka untuk saling mengenali melalui name tag yang telah dibagikan,
sehingga mereka akan saling mengenal bila group belum saling mengenal.
Ø
Jelaskan
secara singkat dan jelas itinerary, sebaiknya dibagikan sekilas informasi dalam
bentuk brosur dengan tulisan dan gambar yang jelas.
Ø
Beri
kesempatan untuk bertanya
2. Melaksanakan Pemanduan
Ø
Kenalilah
budaya mereka, dan sesuaikan situasi dengan culture ratarata/ terbanyak
Ø
Pelayanan
informasi diatas bus, dengan posisi berdiri dengan sikap kaki yang tepat,
tergantung goyangan bus bisa dengan jarak 20- 30 Cm antara dua kaki kedepan
atau ke samping, dan boleh bersandar tapi tetap dalam sikap tegak, tidak
terkesan malas
Ø
Jangan
menjelaskan suatu objek yang sudah tertinggal atau masih sangat jauh, adakan
kerjasama dengan driver supaya kecepatan dikurangi bila ada hal-hal yang
menarik dan memerlukan informasi secara lebih rinci.
Ø
Tanggap
akan kondisi wisatawan, jenuh, lelah atau mengantuk. Cepat mawas diri apakah
penyebabnya dan segera alihkan strategi anda untuk mengantisipasi keadaan. Bila
benar mengantuk, persilakan istirahat dan berhentilah bicara kemudian putarlah
lagu instrumen yang tenang. Bila terlihat tanda kebosanan cobalah untuk membuat
permainan yang melibatkan wisatawan - jangan hanya anda yang aktif, tapi buatlah
mereka aktif dan bergerak.
Ø
Bila
anda menangani walking tour, posisikan dimana anda berdiri agar semua
wisatawan dapat melihat dan mendengar anda dengan jelas. Dalam keadaan berjalan
bersama rombongan, anda harus selalu berada pada posisi kritis, seperti
tikungan, jembatan, pintu masuk, sehingga anda mudah memimpin mereka dan
ingatkan kalau ada tempat2 yang licin atau tangga naik/turun.
Ø
Dalam
kondisi berjalan berpencar, harus dikumpulkan lebih dahulu dan berikan
informasi lokasi (toilet, tiket sales, souvenir, kedai snack,dll) dimana
meeting point, samakan waktu dan tentukan jam berapa harus berkumpul sebagai
pos dan anda tetap siap di pos untuk menjaga hal-hal yang emergency. Berikan informasi
tentang larangan-larangan, tanda bahaya dan aturan yang berlaku.
Ø
Ajaklah
wisatawan untuk bersama-sama menghargai kesepakatan waktu dengan memberikan
pengertian tanpa mengurangi kenyamanan dan kesenangan, terpaksa harus kembali
untuk meneruskan perjalanan bila saatnya telah tiba.
Ø
Mendahulukan
wisatawan yang tua dan lemah, tanpa meremehkan kemampuan dan menyinggung
perasaannya, ingat bahwa culture berbeda (cross-culture understanding)
Ø
Cobalah
untuk memotivasi adanya rasa kebersamaan antar wisatawan
Ø
Dalam
keadaan darurat, cobalah untuk menawarkan alternative pemecahan yang sama-sama
menguntungkan, walaupun dalam hal ini mungkin terjadi tentangan keras dari
seseorang, namun tetap hindari adu argumentasi/berdebat
Ø
Ingatkan
pada wisatawan akan barang bawaannya ,setiapkali anda akan berpindah lokasi dan
selalu cek jumlah wisatawan.
Ø
Bila
terjadi kecelakaan atau ada yang sakit, berikan pertolongan pertama, hubungi
dokter/rumah sakit terdekat dan kantor anda, bila diperlukan.
Ø
Pada
saat berhenti untuk makan bersama, hubungi kembali (reconfirm) restaurant untuk
memastikan kesiapan, dan jumlah Seat. Beri informasi apa menunya dan ketentuan
lain seperti makanan /minuman tambahan yang tidak termasuk dalam paket serta waktu
yang disediakan. Pastikan mereka sudah mulai makan dan berkelilinglah meneliti
mutu makanan dan pelayanan restauran, baru anda menyusul untuk kemudian jangan
biarkan mereka
menunggu anda yang sedang makan. Ambil meja
khusus untuk crew, sehingga anda dapat mengamati situasi makan.
Ø Ingatkan sebelum
meneruskan perjalanan, tentang toilet, barang bawaan dan ucapan terima kasih
atas tertib dan sampaikan permintaan maaf bila ada kekurangan.
Ø Bila ada pemandu
lokal pada salah satu objek wisata, perkenalkan guide lokal pada wisatawan dan
hargailah rekan pemandu anda.
3.
Mengakhiri Pemanduan
Ø Akhir pemanduan merupakan
Kesan menyenangkan pada akhir dari tour dan membuat wisatawan merasa hilang kelelahannya
Ø Pilihlah suatu tempat/lokasi
yang strategis, aman, menarik dan nyaman untuk mengakhiri pemanduan sebelum
kembali ke bus
Ø Kumpulkan seluruh
peserta tour, ambil posisi dimana anda harus berdiri agar semua peserta tour
dapat melihat dan mendengar anda dengan jelas.
Ø Sampaikan bahwa tour
akan segera berakhir dan berilah rangkuman informasi dari apa yang telah mereka
kunjungi.
Ø Beri kesempatan untuk
bertanya dan jawablah dengan singkat dan jelas
Ø Bila
perusahaan/kantor anda menyediakan souvenir inilah saat paling tepat untuk
memberikannya.
Ø Sampaikan rasa
terimakasih perusahaan, driver/crew dan anda sendiri atas kesediaan mereka
karena telah bergabung dengan tour ini.
Ø Ingatkan barang
bawaan jangan ada yang tertinggal dalam Kendaraan
Ø Katakan bahwa anda
juga terkesan dengan mereka dan berikan salam perpisahan disertai harapan akan
jumpa lagi di lain kesempatan
Sumber : BSE (Buku Sekolah Elektronik) smk11 UsahaJasaPriwisata Wardhani
0 komentar:
Posting Komentar