Pages

Sabtu, 24 Maret 2012

Paket Tour / Paket Wisata

Contoh :  Bali Paket Tour


               Kintamani Tour -:Start: 8.30 am - Durasi: 8 Jam Tour diawali dengan menonton tarian Barong dan Keris di Desa Batubulan. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi desa - desa seni seperti Desa Mas yang terkenal dengan ukiran kayu, Desa Celuk yang terkenal dengan kerajinan Perak dan Emas khas Bali, Kintamani yang terkenal dengan pemandangan Danau dan Gunung Batur yang indah. Dari Kintamani perjalanan dilanjutkan menuju Tampak Siring – Pura dengan tempat permandian dan mata air suci di dalamnya. Makan siang di hidangkan di lokal restoran. Tour diakhiri dengan mengunjungi Pasar Seni Sukawati untuk membeli oleh - oleh khas Bali.

Harga per pax 
2 - 3 Orang
4 - 6 Orang
7 - 16 Orang
17 - 26 Orang
27 - 34 Orang
Rp. 264.500
Rp. 214.500
Rp. 200.500
Rp. 164.500
Rp. 152.500
Harga sudah termasuk guide, lunch, soft drink, tiket masuk ke
obyek wisata.


Secara umum dikenal dua jenis paket wisata, yaitu :

1.      Ready made tour,

            Paket wisata yang telah disiapkan (pre arranged package tour) atau lebih terkenal dengan ready made tour (Tour/Package Tour that has been made and ready to market to customer). Penyiapan paket tour ini didasari dari riset kebutuhan konsumen dengan memperhatikan target/sasaran pasar yang dituju. Kunci keberhasilan dari pemasaran paket ini adalah luasnya relasi dari perusahaan terkait dan kemahiran negosiasi harga komponen tour, sehingga didapat harga jual yang bersaing.

            Harga pada Tour ini biasanya diklasifikasikan dalam kelompok :
1- 2 pax, 3 – 5 pax, 6 – 9 pax, dan seterusnya tergantung dari jumlah seat dalam kendaraan yang dipakai. Semakin besar jumlah tamu/penumpang, semakin murah harga tour


2.      Tailor made tour,

            Paket wisata disiapkan atas permintaan (custom tailor made tour) atau lebih dikenal dengan tailor made tour. (Tour/Package tour which is made based on request/ negotiation with customer). Penyiapan paket ini lebih difocuskan pada kejelian seorang tour planner untuk mengenali kemampuan (selera, sosial, finance) dan keinginan calon wisatawan serta memotivasi wisatawan untuk membeli “ jasa “ yang sangat khusus dengan pelayanan dan harga yang khusus.


3.      Regular Tour/ Seat-in-coach (SIC) Tour,
           
            adalah tour yang diselenggarakan dengan waktu, objek dan harga yang sudah ditentukan sesuai dengan perencanaan yang disusun oleh suatu Tour Operator. Misalnya suatu Tour Operator menyelenggarakan tour yang pemberangkatannya ditentukan pada waktu-waktu tertentu (misalnya pemberangkatan tiap hari jam 8.00, atau tiap hari Minggu jam 8.00). Penyelenggaraan tour ini tidak tergantung pada banyaknya peserta, satu orang atau dua orang pun , tour tetap diselenggarakan karena sudah dijadwalkan secara continue.

            Jadi regular tour merupakan tour yang tersedia dan siap untuk dijual, yang telah direncanakan dan dapat diselenggarakan oleh Tour Operator yang bersangkutan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biasanya harga reguler tour ini relatif lebih murah dari jenis tour lainnya ( private tour )., dan biasanya peserta tour adalah secara perorangan sehingga seringkali satu dan lain peserta tour belum saling kenal. Jadwal perjalanan (Itinerary ) dari tour ini tidak bisa dirubah dan dipastikan berangkat sesuai jadwal.

2 komentar:

  1. NIKMATI BERBAGAI MACAM PERMAINAN DALAM 1 USER ID HANYA DI POKERVITA. 8 PERMAINAN DISAJIKAN KEPADA ANDA SEMUA HANYA DENGAN MINIMAL DEPOSIT CUKUP 10RB SAJA. BONUS CASHBACK SETIAP HARINYA KEPADA MEMBER SETIA P`0`K`E`R`V`1`T`A

    BalasHapus
  2. terimaksih infonya
    :) sangat membantu

    BalasHapus