Menurut James J. Spillane (1994: 63-72) suatu obyek
wisata atau destination, harus meliputi 5 (lima) unsur yang penting agar
wisatawan dapat merasa puas dalam menikmati perjalanannya, maka obyek wisata
harus meliputi :
- Attractions
Merupakan pusat dari industri pariwisata. Menurut
pengertiannya attractions mampu menarik wisatawan yang ingin mengunjunginya.
Motivasi wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat tujuan wisata adalah untuk
memenuhi atau memuaskan beberapa kebutuhan atau permintaan. Biasanya mereka
tertarik pada suatu lokasi karena ciri- ciri khas tertentu.
Ciri-ciri khas yang menarik wisatawan adalah :
a) Keindahan alam.
b) Iklim dan cuaca.
c) Kebudayaan.
d) Sejarah.
e) Ethnicity-sifat kesukuan.
f) Accessibility-kemampuan atau
kemudahan berjalan atau ketempat tertentu.
- Facility
Fasilitas cenderung berorientasi pada attractions
disuatu lokasi karena fasilitas harus dekat dengan pasarnya. Fasilitas
cenderung mendukung bukan mendorong pertumbuhan dan cenderung berkembang pada
saat yang sama atau sesudah attractions berkembang.
Suatu attractions juga dapat merupakan fasilitas.
Jumlah dan jenis fasilitas tergantung kebutuhan wisatawan. Seperti fasilitas
harus cocok dengan kualitas dan harga penginapan, makanan, dan minuman yang
juga cocok dengan kemampuan membayar dari wisatawan yang mengunjungi tempat
tersebut.
- Infrastructure
Attractions dan fasilitas tidak dapat tercapai dengan
mudah kalau belum ada infrastruktur dasar. Infrastruktur termasuk semua
konstruksi di bawah dan di atas tanah dan suatu wilayah atau daerah. Yang
termasuk infrastruktur penting dalam pariwisata adalah :
a) Sistem pengairan/air
Kualitas air yang cukup sangat
esensial atau sangat diperlukan. Seperti penginapan membutuhkan 350 sampai 400
galon air per kamar per hari.
b) Sumber listrik dan energi
Suatu pertimbangan yang penting
adalah penawar tenaga energy yang tersedia pada jam pemakaian yang paling
tinggi atau jam puncak (peak hours). Ini diperlukan supaya pelayanan yang
ditawarkan terus menerus.
c) Jaringan komunikasi
Walaupun banyak wisatawan ingin
melarikan diri dari situasi biasa yang penuh dengan ketegangan, namun ada juga
sebagian yang masih membutuhkan jasa-jasa telepon dan/atau telgram yang
tersedia.
d) Sistem pembuangan kotoran/pembuangan
air
Kebutuhan air untuk pembuangan
kotoran memerlukan kira-kira 90 % dari permintaan akan air. Jaringan saluran
harus didesain berdasarkan permintaan puncak atau permintaan maksimal.
e) Jasa-jasa kesehatan
Jasa kesehatan yang tersedia akan
tergantung pada jumlah tamu yang diharapkan, umumnya, jenis kegiatan yang
dilakukan atau faktor-faktor geografis lokal.
f) Jalan-jalan/jalan raya
Ada beberapa
cara membuat jalan raya lebih menarik bagi wisatawan :
Ø Menyediakan pemandangan yang luas
dari alam semesta.
Ø Membuat jalan yang naik turun untuk
variasi pemandangan.
Ø Mengembangkan tempat dengan
pemandangan yang indah.
Ø Membuat jalan raya dengan dua arah
yang terpisah tetapi sesuai dengan keadaan tanah.
Ø Memilih pohon yang tidak terlalu
lebat supaya masih ada pemandangan yang indah.
- Transportation
Ada beberapa usul mengenai
pengangkutan dan fasilitas yang dapat menjadi semacam pedoman termasuk :
a) Informasi lengkap tentang fasilitas,
lokasi terminal, dan pelayanan pengangkutan lokal ditempat tujuan harus
tersedia untuk semua penumpang sebelum berangkat dari daerah asal.
b) Sistem keamanan harus disediakan di
terminal untuk mencegah kriminalitas.
c) Suatu sistem standar atau seragam
untuk tanda-tanda lalu lintas dan simbol-simbol harus dikembangkan dan dipasang
di semua bandar udara.
d) Sistem informasi harus menyediakan
data tentang informasi pelayanan pengangkutan lain yang dapat dihubungi
diterminal termasuk jadwal dan tarif.
e) Informasi terbaru dan sedang
berlaku, baik jadwal keberangkatan atau kedatangan harus tersedia di papan
pengumuman, lisan atau telepon.
f) Tenaga kerja untuk membantu para
penumpang.
g) Informasi lengkap tentang lokasi,
tarif, jadwal, dan rute dan pelayanan pengangkutan lokal.
h) Peta kota harus tersedia bagi
penumpang.
- Hospitality (keramahtamahan)
Wisatawan yang sedang berada dalam lingkungan yang
belum mereka kenal maka kepastian akan jaminan keamanan sangat penting,
khususnya wisatawan asing.
Dalam melakukan
pengembangan pariwisata,
tentu tidak lepas dari peran organisasi kepariwisataan terutama organisasi
kepariwisataan pemerintah, yaitu Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) yang
mempunyai tugas dan wewenang serta kewajiban untuk mengembangkan dan
memanfaatkan aset daerah yang berupa obyek-obyek wisata.
Sebagaimana
suatu organisasi yang diberi wewenang dalam pengembangan pariwisata
diwilayahnya, maka ia harus menjalankan kebijakan yang paling menguntungkan
bagi daerah dan wilayahnya, karena fungsi dan tugas dari organisasi pariwisata
pada umumnya adalah :
- Berusaha memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke daerahannya dengan segala fasilitas dan potensi yang dimilikinya.
- Melakukan koordinasi diantara bermacam-macam usaha, lembaga,
instansi dan jawatan yang ada dan
bertujuan untuk mengembangkan industri pariwisata.
- Mengusahakan memasyarakatkan pengertian pariwisata pada orang banyak, sehingga mereka mengetahui untung dan ruginya bila pariwisata dikembangkan sebagai suatu industri.
- Mengadakan program riset yang bertujuan untuk memperbaiki produk wisata dan pengembangan produk-produk baru guna dapat menguasai pasaran diwaktu-waktu yang akan datang.
- Menyediakan semua perlengkapan dan fasilitas untuk kegiatan pemasaran pariwisata, sehingga dapat diatur strategi pemasaran keseluruh wilayah.
- Merumuskan kebijakan tentang pengembangan kepariwisataan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara teratur dan berencana.
Oleh karena itu peranan organisasi kepariwisataan pemerintah
– Disparbud merupakan salah satu hal utama dalam pengembangan pariwisata.
Selain itu perlu pula disiapkan beberapa hal, seperti
sumber daya yang ada, mempersiapkan masyarakatnya serta kesiapan sarana
penunjanglainnya, karena bagaimanapun juga wisatawan menghendaki pelayanan yang
memuaskan.
permisi saya mau izin ambil artikel ini.
BalasHapusoya bacaan ini dapat dari buku apa ya.saya butuh makasih
bagus sekali ini saya kebetulan mau buka objek wisata,izin ambil artikel ya,atau bisa sharing bu ada juga yang mau saya tanyakan
BalasHapusSangat bermamfaat. .
BalasHapusTerimakasih
Izin copi untuk bahan....
manfaat banget, ....
BalasHapusYoshhh.. thanks a lot
BalasHapusSyukron ya akhi
BalasHapusRaih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!
BalasHapus✅ BONUS TURN OVER 0.3%
✅ BONUS REFFERAL 15%
✅ WIN RATE GAME 96,9%
✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK
Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
WHATSAPP +62 821-4331-1663
Link Alternatif :
- www.vipmario55. net
- www.vipmario55. org
MANTAP...sangat membantu
BalasHapus